Jumlah Pulau di Indonesia

Penulis : Brigjen TNI Dody Usodo Hargo S,S.IP,MM

Berapa jumlah Pulau yang dimiliki dan masuk dalam wilayah kedaulatan NKRI? Pertanyaan tersebut sangat menggelitik dan sulit untuk dijawab tanpa adanya pembuktian serta penelitian melalui pendekatan tinjauan lapangan dan latar belakang sejarah. Belum ada kata sepakat dari beberapa Kementerian yang terkait dengan jumlah Pulau tersebut, katakanlah Kementerian Pertahanan RI menyebutkan jumlah Pulau yang dimiliki oleh NKRI tercatat 17.504 Pulau. Tetapi Kementerian lain mencatat dalam jumlah yang berbeda.

Dalam tinjauan ilmu geofisika pulau-pulau di Indonesia terbentuk pada zaman Miocene (12 juta tahun sebelum Masehi); Palaeocene (70 juta tahun sebelum Masehi); Eocene (30 juta tahun sebeum Masehi); Oligacene (25 juta tahun sebelum Masehi). Seiring dengan datangnya orang-orang dari tanah daratan Asia, maka Indonesia dipercaya sudah ada pada zaman Pleistocene (4 juta tahun sebelum Masehi). Pulau-pulau tersebut terbentuk sepanjang garis yang berpengaruh kuat antara perubahan lempengan tektonik Australia dan Pasifik. Lempengan Australia berubah lambat naik kedalam lempeng kecil Lempeng Pasifik yang bergerak ke Selatan, dan antara garis-garis ini terbentanglah Pulau-pulau Indonesia. Fenomena geofisika ini membuat Indonesia sebagai salah satu negara yang paling banyak berubah wilayah geologinya di dunia. Pegunungan-pegunungan yang berada di pulau-pulau Indonesia terdiri lebih dari 400 gunung berapi, dan 100 diantaranya merupakan gunung berapi yang masih aktif. Indonesia mengalami tiga kali getaran dalam sehari, dan gempa bumi sedikitnya satu kali dalam sehari, serta sedikitnya satu kali letusan gunung berapi dalam satu tahun.

Ribuan pulau di Indonesia yang tersebar dalam gugusan pulau besar maupun kecil menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Namun demikian belum ada kepastian jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia secara pasti sebagai pedoman kesamaan tentang jumlah pulau-pulau tersebut, simpang siur pendapat tentang data jumlah pulau yang dimiliki oleh NKRI masih terus menjadi perdebatan, ada sumber yang berpendapat bahwa jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia anatara lain:17.504 pulau; 17.480 pulau; 17.508 pulau; dan bahkan ada yang mengatakan lebih dari 17.000 pulau. Ketidak pastian ini menjadi polemik yang tidak berkesudahan dalam menentukan jumlah pulau yang dimiliki dan masuk dalam kedaulatan NKRI.

Berbagai Lembaga pernah mempublikasikan tentang jumlah pulau yang dimiliki Indonesia, tetapi sampai dengan saat ini belum ada pernyataan resmi sebagai dokumen negara dan diakui secara internasional tentang penetapan jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia. Adapun Lembaga yang pernah menetapkan jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia, diantaranya adalah:Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 1972, mempublikasikan bahwa hanya 6.127 pulau yang telah mempunyai nama. Publikasi ini tanpa menyebutkan jumlah pulau secara keseluruhan; Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta) pada tahun 1987menyatakan, jumlah pulau di Indonesia adalah 17.504 dan dari jumlah itu hanya 5.707 pulau yang telah memiliki nama; Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) pada tahun 1992menerbitkan “Gezetteer nama-nama Pulau dan Kepulauan Indonesia”. Bakorsurtanal mencatat hanya 6.489 pulau yang telah memiliki nama; kemudian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan)pada tahun 2002berdasarkan citra satelit mengklaim jumlah pulau di Indonesia adalah 18.306 buah; Kementrian Riset dan Teknologi, pada tahun 2003, berdasarkan citra satelit menyebutkan Indonesia memiliki 18.110 pulau. Ketidaksamaan penetapan jumlah pulau tersebut ditindak lanjuti oleh Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia pada tahun 2004,merilis bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah 17.504 pulau, dan dari jumlah tersebut dipastikan sebanyak 7.870 pulau sudah memiliki nama, sedangkan sisanya sebanyak 9.634 pulau belum diberi nama. Kemudian pada bulan Agustus tahun 2009, jumlah pulau yang sudah ditetapkan oleh Depdagri mendapat koreksi dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Saat itu Menteri KKP dijabat oleh Laksamana TNI (Purn) Freddy Numberi, dijelaskannya bahwa jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia sebanyak 17.480 buah, dan dari jumlah tersebut baru 4.891 pulau yang telah diberi nama dan lah tdidaftarkan ke badan dunia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Ternyata jumlah yang sudah dirilis oleh KKP itupun masih belum valid, dan pada bulan Agustus tahun 2010, Kementrian Kelautan dan Perikanan melakukan revisi tentang jumlah pulau yang dimiliki Indonesia dari 17.480 pulau menjadi 13.000 pulau. Dengan adanya revisi tersebut tentunya semakin membiaskan pendapat publik tentang berapa jumlah pulau yang sebenarnya dimiliki Indonesia ?, mengapa datanya tidak pernah valid dan mengapa datanya selalu berubah-ubah? Kondisi semacam ini seharusnya tidak boleh terjadi pada tingkat Kementerian, karena memberikan informasi yang tidak akurat dan tentunya akan membingungkan masyarakat umum. Dampak yang lebih luas diantaranya akan mempengaruhi sunia pendidikan di Indonesia, karena siswa akan memiliki sikap yang tidak konsisten manakala menyebutkan jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia. Polemik tentang perbedaan jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia dapat terjadi karena dari beberapa lembaga yang menyatakan pendapat menggunakan acuan dan metode survei yang berbeda pula. Selain hal tersebut ada kemungkinan terjadi duplikasi nama pulau dan atau ada satu pulau dengan dua nama yang berbeda pula.

Pada tahun 2006 melalui Keputusan Presiden No 112/2006 telah dibentuk Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi. Tim yang terdiri atas Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Luar Negeri, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pendidikan Nasional dan Bakosurtanal (sebagai Sekretaris) tersebut menjadi lembaga yang memiliki otoritas dalam penetapan nama-nama geografis (National Authority On Geographical Names) di Indonesia.Dari hasil kerja Tim Pembakuan Nama Rupabumi yang masih dalam proses penyusunan toponimi geografis Indonesia, selanjutnya akan dilegalisasi melalui Peraturan Pemerintah tentang Toponimi. Dalam Peraturan Pemerintah tersebut akan mencakup penjelasan tentang penambahan rupa bumi, termasuk mencantumkan jumlah dan nama-nama pulau yang dimiliki oleh Indonesia. Tim Nasional Pembakuan Nama Rupabumi ini juga bertugas mendaftarkan jumlah dan nama-nama pulau yang dimiliki oleh Indonesia ke badan dunia PBB.Pada akhir tahun 2010, jumlah yang diverifikasi oleh tim Toponimi tersebut adalah 13.487 buah pulau, jumlah inilah yang kemudian dikirimkan ke PBB untuk mendapatkan pengakuan formal.

Anasir lain dari hasil survei dan verifikasi terakhir yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diketahui bahwa Indonesia hanya memiliki sekitar 13.000 pulau yang tersebar diwilayah yurisdiksi laut Indonesia. Penurunan jumlah tersebut dari angka semula tidak terkait dengan hilangnya pulau akibat kenaikan muka air laut, atau karena penggalian pasir laut. Selama ini yang sering menjadi rujukan data jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia adalah 17.504 pulau dan merupakan negara yang memiliki pulau terbanyak didunia.Jumlah pulau dan nama-nama pulau yang dimiliki oleh Indonesia masih antar lembaga pemerintah yang bertindak sebagai pemangku kepentingan masih belum sinkron, dan ironisnya pemerian nama juga belum dilakukan secara menyeluruh, tentunya bangsa Indonesia tidak menginginkan terulangnya sejarah lepasnya pulau Sipadan dan pulau Ligitan di Kalimantan Timur.

Referensi penulisan dari Buku 9 perspektif menuju masa depan Maritim Indonesia (Dr.Y.Paonganan,S,Si,M.Si; R.M. Zulkipli,ST dan Kirana Agustina,S.Kel)

Comments   

 
0 #13 suci 2014-11-21 14:25
Pulau nya itu berapa sich 8)
Trllu bnyk, gak snggup gue mw htung :-*
Quote
 
 
-2 #12 Melisa Rizky 2014-10-09 11:51
Jadi sekarang pulau nya ada berapa? :sigh:
Quote
 
 
+1 #11 ismi lia 2014-08-30 11:36
indonesia sangat banyak sekali pulaunya :-) tapi sayang setiap tahunnya ada yang bertambah dan ada yang berkurang :-x :cry: :-? :sad: .
Quote
 
 
+4 #10 bangmadrid 2014-06-04 03:39
Dan sayangnya setiap tahun ada aja pulau kita yang di klaim ama negara lain :-x
Quote
 
 
+4 #9 Julie Story 2014-03-27 09:39
:lol: aku cinta Indonesia seperti lagunya Ras Muhammad Duta Reggae
Quote
 
 
-1 #8 haqi 2014-03-17 02:38
Quoting luza:
sebenarnya jumlahnya berapa sich.......???? :-?


13.466 pulau
Quote
 
 
+2 #7 hana shofiyah 2014-03-14 12:22
mana jumlah pulaunya???lagi males baca nih :lol:
Quote
 
 
-3 #6 Wisata Pulau Tidung 2014-03-08 10:11
Biar bagaimanapun wcinta indonesia
Quote
 
 
+2 #5 Hotu 2014-02-26 15:20
for example; Pulau Miangas/Indones ia, Palmas Island/Philipin a. bgmana dg yg lainnya, apa mengalami nasib yg sama? :zzz
Quote
 
 
+3 #4 arsy 2014-01-31 00:16
pada kemana pemangku negara ini??? Yudikatif, eksekutif, legislatif harus bersatu kalau mau ngurus negara. pantas mudah dicaplok pulau kita ini karena perangkat negaranya belum satu visi.
tetap semangat mempertahankan kedaulatan :-*
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

You are here: Ruang Opini Jumlah Pulau di Indonesia